Get Gifs at CodemySpace.com

Kamis, 17 Mei 2012

TES “WHO AM I”


  1. PERSIAPAN
a.       Mempersiapkan format tes WHO AM I.
b.      Menyiapkan tempat pelaksanaan.

  1. PETUNJUK
Dapatkah kamu memberi gambaran tentang dirimu sendiri? Baca kalimat-kalimat dibawah ini dengan hati-hati. Apabila kamu mempertimbangkan kalimat tersebut dan cocok dengan dirimu. Silahkan beri tanda cawang (V) pada kolom 1; apabila setelah kamu mempertimbangkan kalimat tersebut agak cocok dengan dirimu silahkan beri tanda cawang (V) pada kolom 2; dan apabila kalimat tersebut sama sekali tidak seperti dirimu silahkan memberi tanda cawang (V) pada kolom 3.
Baca dengan baik setiap kalimat, pertimbangkan secara masak dengan dirimu, baru kemudian memberi tanda cawang (V) pada kolom yang cocok dengan hasil pertimbanganmu.

Cocok seperti diri saya
Agak cocok dengan diri saya
Sama sekali tidak cocok seperti saya
Item-item pertanyaan
1
2
3



a.   Saya adalah seorang yang sanggup membuat rencana yang baik didalam sekolah, dalam permainan atau tugas.



b.   Saya adalah seorang pemimpin yang baik. Saya adalah pemimpin didalam beberapa bidang.



c.   Saya adalah seorang yang segan bermain-main bersama dengan teman-teman sekelompok.



d.  Saya adalah seorang yang selalu merusak melanggar peraturan sekolah maupun pergaulan.



e.   Saya adalah seorang yang mudah untuk mengerti sesuatu, (sesuatu yang berhubungan dengan persoalan di sekolah, maupun sesuatu yang berhubungan dengan persoalan di luar sekolah).



f.    Saya adalah seseorang yang selalu bekerja untuk kepentingan kelas atau kelompok saya atau teman saya



g.   Saya adalah seorang yang sulit untuk mendapatkan kawan, saya sukar untuk bergaul dengan mereka.



h.   Saya adalah seorang yang tidak bahagia, tidak ada seorangpun yang dapat membuat saya gembira



i.     Saya adalah seorang yang sukar untuk mengemukakan pendapat. Sehingga tidak seorangpun dapat mengerti apa pendapat saya.



j.     Saya adalah seorang yang sangat popular dikelompok saya.



k.   Saya adalah seorang yang paling menurut dikelompok saya.



l.     Saya adalah seorang yang mudah marah, mudah memulai pertengkaran.



m. Saya adalah seorang yang selalu mempunyai ide-ide baik yang menyenangkan dalam aktivitas pergaulan maupun pelajaran.



n.   Saya adalah seorang yang kejam terhadap teman-teman lain terutama teman yang kecil.



o.   Saya adalah seorang yang banyak mempunyai teman.

Saya adalah :............................................................................................. (isi dengan apa saja yang ingin kamu kemukakan tentang dirimu).


Bentuk Lembar Jawab Inventori “Who am I”
Nama                        : ……………………………………
No. Absen                : …………………………………...
Kelas/ Jurusan          : …………………………………....
Kelompok                : ……………………………………
Tanggal                    : ……………………………………

LEMBAR JAWABAN TES “WHO AM I”

No
Cocok dengan diri saya
Agak cocok dengan diri saya
Sama sekali tidak cocok denga diri saya
a.



b.



c.



d.



e.



f.



g.



h.



i.



j.



k.



l.



m.



n.



o.




  1. PELAKSANAAN
Praktekan pelaksanaan dengan urutan langkah berikut :
a.    Memperkenalkan teks WHO AM I
b.   Menjelaskan tentang tujuan dan manfaatnya
c.    Membagikan format tes WHO AM I
d.   Menjelaskan petunjuk tes WHO AM I
e.    Siswa mengerjakan tes WHO AM I
f.    Setelah selesai dikerjakan, konselor mengumpulkan hasil pekerjaan siswa tersebut.


             4.  ANALISIS
             
               a.   Konselor menghitung jumlah skor jawaban siswa dengan memberikan pembobotan atau nilai dari masing-masing jawaban tiap item berdasarkan table skor.

BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH
…………………………………………………………………..
PETUNJUK ANALISIS TES
“Siapa Saya”

 Ikutilah langkah-langkah berikut :
1.      Hitunglah skor dari jawaban partisipasi sesuai dengan skor (pembobotan) dibawah ini dan jumlahkan.

Pertanyaan
Cocok dengan saya
Kolom 1
Agak cocok
Kolom 2
Tak seperti saya
Kolom 3
A
3
2
1
B
3
2
1
C
1
2
3
D
1
2
3
E
3
2
1
F
1,5
3
1,5
G
1
2
3
H
1
2
3
I
1
2
3
J
1,5
3
1,5
K
1,5
3
1,5
L
1
2
3
M
3
2
1
N
1
2
3
O
3
2
1
Jumlah maksimal






                                                                                                       
              b.    Mencocokan jumlah skor dengan patokan interpretasi kepribadian peserta tes berdasarkan tes “WHO AM I”.

Urutan
Jumlah Skor
Interpretasi
1

2
3

4
37,5 – 45

30,5 – 37
23,5 – 30

16,5 – 23
-      Memiliki kepribadian optimis sekali, sangat menyenangkan, dan sangat percaya diri.
-      Berkepribadian optimis, menyenangkan dalam bergaul, dan percaya pada diri sendiri.
-      Cukup optimis, agak menyenangkan, dan cukup percaya pada diri sendiri.
-      Kurang optimis, kurang menyenangkan, dan kurang percaya pada diri sendiri.







DAFTAR PUSTAKA

Purwoko, Budi. Indah Pratiwi, Titin. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar