Get Gifs at CodemySpace.com

Kamis, 29 Maret 2012

Bimbingan Dalam Penentuan Pendidikan


Pengertian dari bimbingan
Bimbingan diartikan dalam berbagai hal. Beberapa buku dan artikel menulis pengertian dari bimbingan berdasarkan pada pendapat dan sudut pandang pengarang.

Definisi
Dari akar katanya bimbingan mempunyai arti pemandu yang mana bermaksud mengarahkan, mengatur, atau mengemudi. Sebagai konsep, bimbingan ditandai pandangan tcntang proses  membantu orang-perorangan sebagai suatu bidang pendidikan yang membangun bisa di artikan membantu para siswa untuk memaharni dirinya sendiri.
Bimbingan bisa di artikan sebagai proses membantu orang ­perorangan untuk memahami diri sendiri dan.lingkungan hidupnya.

Tujuan
Melalui bimbingan individu mencapai kesadaran yang lebih besar tidak hanya dari siapa mereka tetapi bias jadi mereka sendiri.
Baru-baru ini Smith merumuskan suatu tujuan untuk membantu suatu profesi yang terlepas dari orientasi oritical mereka. Ia menyatakan bahwa mereka harus memberikan pengalaman fasilitatif bagi klien mereka disebuah "Kontinum bergairah-Keproduktifan-Belas kasih".
Sebuah Program Bimbingan
Sebuah program bimbingan adalah tindakan formal sekolah yang diperiukan untuk membuat pedoman operasional dan tersedia untuk siswa. Program bimbingan yang paling sering ditemukan di sekolah menengah modern adalah terdiri dari unsur — unsur berikut :
1. Komponen penilaian yang dirancang untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan berbagai data yang obyektif dan subjektif pribadi, psikologis, dan sosial tentang siswa untuk mencapai pemahaman yang lebih baik serta membantu mereka untuk memahami diri.
2.        Komponen informasi yang dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan yang lebih besar pada kesempatan pendidikan, kejuruan, dan pribadi-sosial sehingga mereka dapat membuat pilihan informasi dan keputusan dalam masyrakat yang  semakin kompleks.
3.        Sebuah komponen konseling yang dirancang untuk memudahkan pemahaman diri melalui dvadie atau hubungan kelompok kecil.
4.     Sebuah komponen  konsultasi dirancang untuk memberikan bantuan teknis kepada guru, administrator, dan orang untuk membantu mereka menjadi lebih efektif dengan siswa dan untuk meningkatkan sekolah sebagai suatu organisasi
5.     Sebuah komponen perencanaan, nencmpatan, dan indak laniut dirancang untuk meningkatkan perkembangan siswa dengan membantu mereka inemilih dan memanfaatkan peluang dalam sekolah dan di pasar tenaga kerja.
6.     Komponen evaluasi yang dirancang untuk menentukan efektivitas program bimbingan

Komponen — komponen program sering disebut dengan layanan bimbingan.

Bimbingan Dalam Pendidikan
Pendidikan adalah aset tak ternilai penting yang mendasar bagi perorangan dan masyarakat. Hal ini tidak cukup digambarkan hanya dengan mengutip jumlah murid yang  dilayani dan personel yang terlibat, nilai bangunan atau peralatan, atau jumlah penelitian yang dilakukan - terlepas dari kenyataan bahwa fakta - fakta yang tersedia tersebut sering digunakan sebagai ukuran pertumbuhan dan kualitas.

HARAPAN UNTUK PENDIDIKAN
Orang-orang Amerika merasakan/mengetahui lebih dulu bahwa pendidikan akan menyediakan persediaan yang berkelanjutan dari makin meningkatnya kemampuan penduduk.
Di sisi lain sekolah disebut sebagai perubahan jauh dari pendidikan yang bersifat universal/mendunia dan daripada mendidik beberapa orang yang terpilih.
Pendidikan telah mengembangkan nilai ekonomi secara impresif. Melalui pendidikan seseorang memilki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai sesuatu yang lebih layak bagi dirinya dalam kehidupan yang demokrasi ini.
Fungsi Pendidikan
Ada tiga fungski pook pendidikan yang jelas dan tampak dan akan diiskusikan lebih lanjut di bawah ini
*        Fungsi pembangunan (pengembangan). Pendidikan punya tanggungjawab untuk membangun kualitas yang merupakan keunikan masing-masing individu.
*     Fungsi perbedaan. Perbedaan pada masing-masing individu baik dari segi bakat,
*     minat dan tujuan sering dikristalkan menjadi pola yang sangat berbeda sebagai
*        individu dewasa.
*        Fungsi integrasi. Fungsi pokok dari pendidikan adalah memberikan kontribusi sebisa mungkin untuk integrasi budaya siswa.

Fungsi Bimbingan
Didalam pendidikan, bimbingan memiliki hubungan dengan individu dan keputusan yang akan mereka buat. Meskipun setiap guru melihat setia siswa sebagai individu yang berbeda, konselor sekolah adalah jaminan pendidikan bahwa individu tidak akan tenggelam dalam kelompok Tujuan mereka adalah memastikan bahwa siswa, guru, dan orang tua mengerti berbagai tahapan perkembangan individu dan dampaknya pada pertumbuhan, penyesuaian, dan proses pengambilan keputusan.
Bimbingan dalam pendidikan merupakan ekspresi kepedulian masyarakat bagi individu. Kontribusinya membawa kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman tentang informasi pendidikan, kejuruan, dan social yang diperlukan untuk membuat pilihan informasi menggunakan data psikologis dan sosiologis untuk memahami guru dan pembimbing dari masing-masin murid sebagai individu, memperjelas dan membantu dalam tugas-tugas belajar dan membantu individu memahami diri dan dunia mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar