Pengertian
dari bimbingan
Bimbingan diartikan dalam berbagai hal. Beberapa buku dan
artikel menulis pengertian dari
bimbingan berdasarkan pada pendapat dan sudut pandang pengarang.
Definisi
Dari
akar katanya bimbingan mempunyai arti pemandu yang mana bermaksud mengarahkan, mengatur, atau mengemudi. Sebagai konsep, bimbingan ditandai pandangan tcntang
proses membantu orang-perorangan sebagai
suatu bidang pendidikan yang membangun bisa di artikan membantu para siswa
untuk memaharni dirinya sendiri.
Bimbingan
bisa di artikan sebagai
proses membantu orang perorangan untuk
memahami diri sendiri dan.lingkungan hidupnya.
Tujuan
Melalui bimbingan individu mencapai kesadaran yang lebih
besar tidak hanya dari siapa mereka tetapi bias jadi mereka sendiri.
Baru-baru ini Smith merumuskan suatu tujuan untuk
membantu suatu profesi yang terlepas dari
orientasi oritical mereka. Ia menyatakan bahwa mereka harus memberikan pengalaman fasilitatif bagi klien mereka disebuah
"Kontinum bergairah-Keproduktifan-Belas kasih".
Sebuah Program Bimbingan
Sebuah
program bimbingan adalah tindakan formal sekolah yang
diperiukan untuk membuat pedoman
operasional dan tersedia untuk siswa. Program bimbingan yang paling sering ditemukan di sekolah menengah modern adalah terdiri dari unsur — unsur
berikut :
1. Komponen penilaian yang dirancang untuk mengumpulkan, menganalisis,
dan menggunakan berbagai data yang obyektif dan subjektif
pribadi, psikologis, dan sosial tentang siswa
untuk mencapai pemahaman yang lebih baik serta membantu mereka
untuk memahami diri.
2.
Komponen informasi
yang dirancang untuk
memberikan siswa pengetahuan yang lebih
besar pada kesempatan pendidikan, kejuruan, dan pribadi-sosial sehingga mereka dapat membuat pilihan informasi dan keputusan dalam masyrakat yang semakin kompleks.
3.
Sebuah komponen
konseling yang dirancang untuk memudahkan pemahaman diri melalui dvadie atau hubungan kelompok kecil.
4.
Sebuah
komponen konsultasi dirancang untuk
memberikan bantuan teknis kepada guru,
administrator, dan orang untuk membantu
mereka menjadi lebih efektif dengan siswa
dan untuk meningkatkan sekolah sebagai suatu organisasi
5.
Sebuah komponen
perencanaan, nencmpatan, dan indak laniut dirancang untuk meningkatkan perkembangan siswa dengan membantu mereka inemilih dan
memanfaatkan peluang dalam sekolah dan di pasar tenaga kerja.
6.
Komponen evaluasi
yang dirancang untuk menentukan efektivitas program bimbingan
Komponen
— komponen program sering disebut dengan layanan bimbingan.
Bimbingan
Dalam Pendidikan
Pendidikan adalah aset tak ternilai penting yang mendasar
bagi perorangan dan masyarakat. Hal ini
tidak cukup digambarkan hanya dengan
mengutip jumlah murid yang dilayani dan personel yang terlibat, nilai bangunan atau peralatan,
atau jumlah penelitian yang dilakukan - terlepas
dari kenyataan bahwa fakta - fakta yang tersedia tersebut sering digunakan sebagai ukuran pertumbuhan dan kualitas.
HARAPAN UNTUK
PENDIDIKAN
Orang-orang Amerika
merasakan/mengetahui lebih dulu bahwa pendidikan akan menyediakan persediaan
yang berkelanjutan dari makin meningkatnya kemampuan penduduk.
Di sisi
lain sekolah disebut sebagai perubahan jauh dari pendidikan yang bersifat
universal/mendunia dan daripada mendidik
beberapa orang yang terpilih.
Pendidikan
telah mengembangkan nilai ekonomi secara impresif.
Melalui pendidikan seseorang memilki kesempatan
yang lebih baik untuk mencapai sesuatu yang lebih layak bagi dirinya dalam kehidupan
yang demokrasi ini.
Fungsi Pendidikan
Ada tiga fungski pook
pendidikan yang jelas dan tampak dan akan diiskusikan lebih lanjut di bawah ini
Fungsi pembangunan (pengembangan). Pendidikan punya tanggungjawab untuk membangun kualitas yang merupakan keunikan masing-masing individu.
Fungsi perbedaan. Perbedaan pada masing-masing individu
baik dari segi bakat,
minat dan tujuan sering dikristalkan menjadi pola yang
sangat berbeda sebagai
individu dewasa.
Fungsi integrasi. Fungsi pokok dari
pendidikan adalah memberikan kontribusi sebisa
mungkin untuk integrasi budaya siswa.
Fungsi Bimbingan
Didalam
pendidikan, bimbingan memiliki hubungan dengan individu dan keputusan yang akan
mereka buat. Meskipun setiap guru melihat setia siswa sebagai individu yang
berbeda, konselor sekolah adalah jaminan pendidikan bahwa individu tidak akan
tenggelam dalam kelompok Tujuan mereka adalah memastikan bahwa siswa, guru, dan
orang tua mengerti berbagai tahapan
perkembangan individu dan dampaknya pada pertumbuhan, penyesuaian, dan proses pengambilan keputusan.
Bimbingan dalam
pendidikan merupakan ekspresi kepedulian masyarakat bagi individu.
Kontribusinya membawa kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman tentang
informasi pendidikan, kejuruan, dan social yang diperlukan untuk membuat
pilihan informasi menggunakan data psikologis dan sosiologis untuk memahami guru
dan pembimbing dari masing-masin murid sebagai individu, memperjelas dan
membantu dalam tugas-tugas belajar dan membantu individu memahami diri dan
dunia mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar