Get Gifs at CodemySpace.com

Sabtu, 14 April 2012

PPG…membuat bingung nasib calon guru


      Di dunia pendidikan sekarang muncul istilah baru yaitu PPG ( Profesi Pendidikan Guru), yang ditujukan kepada calon-calon guru di seluruh Indonesia terutama di Kalsel. Untuk Kalimantan Unlam ditunjuk sebagai pelaksana PPG tersebut. Lalu ntuk apa PPG dan bagaimana PPG tersebut???
     PPG adalah pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu para tenaga pendidik nantinya yang berlangsung selama satu tahun setelah menyandang gelar sarjana. Kita diarahkan untuk terjun langsung ke lapangan atau sekolah-sekolah yang ditunjuk dengan mendapatkan tunjangan selayaknya pegawai negeri. Tapi disini kita diwajibkan benar-benar menjadi guru yang profesional sesuai dengan ilmu pendidikan guru yang telah di dapatkan. Keuntungan lain dari PPG yang lain adalah selepas mendapatkan sertifikat PPG kita langsung menjadi pegawai negeri dengan gaji 2x lipat layaknya guru-guru yang lulus sertifikasi.
       Tapi PPG ini sendiri mengancam nasib para calon. Kenapa demikian???, karena PPG ini dilaksanakan dengan seleksi yang ketat dan formasi yang sangat terbatas. Untuk Kalsel kemungkinan formasi yang disediakan hanya 50, sedangkan mahasiswa FKIP UNLAM setiap tahunnya bisa mengeluarkan sarjana ratusan orang. Belum lagi untuk Universitas lainnya yang juga mencetak calon guru. Selain itu dari informasi yang di dapat untuk penerimaan PNS untuk selanjutnya bila PPG sudah dilaksanakan tidak ada lagi formasi untuk guru karena sudah dilaksanakan lewat PPG. Kalau sudah begitu, bagaimana nasib calon guru yang tidak lulus-lulus PPG?. Apakah pemerintah sudah memperhitungkannya?. Kalau pemerintah tidak bijak dalam melaksanakan hal ini maka makin bertebaranlah sarjana pengangguran, semoga saja PPG ini dilaksanakan dengan perhitungan yang jelas agar tidak merugikan nasib calon Oemar Bakri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar